Firefox 3.1 Beta 2 Dirilis

Firefox 3.1 Beta 2 Dirilis

Versi beta kedua dari Firefox 3.1 “Shiretoko” telah dirilis dan dapat diunduh dari situs Firefox beta resmi Mozilla. Versi terbaru dari Shiretoko mengemas hampir semua fitur baru yang dijanjikan Mozilla termasuk Private Browsing, Javascript engine TraceMonkey yang sudah diaktifkan secara default, implementasi W3C Geolocation dan banyak lagi. Di bawah ini adalah beberapa fitur baru paling signifikan di Firefox 3.1 beta 2.

Splash screen Firefox 3.1 beta 2

Tracemonkey

Walaupun versi beta pertama Firefox 3.1 sudah mengemas Tracemonkey, engine Javascript baru yang dalam beberapa benchmark lebih cepat 40 kali lipat dibanding engine JavaScript sebelumnya.

Tracemonkey tersebut belum diaktifkan secara default karena dianggap belum cukup stabil, tetapi kita juga pernah membahas bagaimana pengguna dapat mengaktifkan Tracemonkey secara manual. Dengan Tracemonkey pengguna seharusnya akan melihat peningkatan kinerja yang cukup drastis, terutama di situs-situs yang banyak menggunakan JavaScript seperti Gmail.

Private Browsing

Fitur paling signifikan dalam versi terbaru ini adalah mode private browsing yang apabila diaktifkan memungkinkan pengguna untuk berselancar web tanpa meninggalkan jejak di Firefox. Fitur ini mirip dengan mode incognito yang ditawarkan di browser besutan Google, Chrome dan Safari. Berselancar dengan fitur ini akan menjaga agar Firefox tidak menyimpan data-data seperti cookie, riwayat web, pencarian, form data dan lain-lain.

Private Browsing di Firefox 3.1

Tabbed Browsing

Walaupun sebelumnya Mozilla merencanakan fitur tab preview baru yang sudah diimplementasikan di versi beta pertama Firefox 3.1, mereka pada akhirnya memutuskan untuk tidak mengikutkan tab preview ke dalam versi ini dan memprioritaskan beberapa fitur tabbed browsing baru seperti:

  • Tombol new tab yang selalu ditampilkan untuk memudahkan pengguna pertama menemukan fitur tersebut
  • Kapabilitas drag and drop antar jendela Firefox
  • Men-drag sebuah tab ke desktop akan menempatkan tab tersebut di jendela baru

Lain-lain

Rendering engine Gecko yang dipakai Firefox juga diperbaharui, apabila di beta pertama Shiretoko mencetak nilai 89, versi beta kedua kini meraih nilai 4 angka lebih tinggi lagi dalam pengujian kepatuhan standar web ini. Memang masih belum mencapai nilai sempurna seperti Opera 10 atau Webkit, tetapi Shiretoko sudah sangat baik dan meraih angka 93.

Nilai ACID3

Dialog “session restore” memungkinkan pengguna untuk memilih tab mana saja yang ingin dibuka kembali setelah mengalami crash.

Memilih tab untuk dibuka kembali

Manajemen bookmark juga kini lebih mudah, Firefox 3.1 memungkinkan pengguna untuk mengubah beberapa bookmark sekaligus.

Library manajemen di Firefox 3.1

Source code viewer Firefox kini menampilkan file-file CSS dan JavaScript sebagai link yang dapat diklik.

Source code viewer Firefox 3.1

Untuk melihat semua perubahan browser terbaru ini, bacalah release notes resmi dari Mozilla. Anda juga dapat mengunduh versi terbaru Firefox dari situs resmi Mozilla. Saya belum mengalami masalah apapun selama 24 jam mencoba browser ini, satu-satunya kekurangan adalah belum banyaknya add-on yang mendukung Firefox 3.1. (via Mozilla Links, ArsTechnica)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: